Image

PENGHIJAUAN BUMI

Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Jadi lakukanlah kegiatan ini sesering mungkin.

 

Banyak fakta yang menunjukkan bahwa tidak jarang pembangunan dibangun di lahan hijau terbuka. Padahal tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama yang mengubah energi surya menjadi energi potensial untuk makhluk lainnya dan mengubah CO2 menjadi O2 dalam proses fotosintesis. Sehingga dengan meningkatkan penghijauan di daerah perkotaan berarti dapat mengurangi CO2 atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca atau gangguan iklim. Di samping vegetasi berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan estetika serta kesehatan jiwa dan raga. Mengingat pentingnya peranan vegetasi ini terutama di daerah perkotaan untuk menangani krisis lingkungan maka diperlukan kesadaran, perencanaan dan pelaksanaan dalam upaya menghijaukan lingkungan. Dari berbagai pengamatan dan penelitian ada kecenderungan bahwa pelaksanaan penghijauan belum konseptual, malah terkesan asal jadi.

 

 Image

Penghijauan

Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan didaerah kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan taman-taman kota, taman-taman lingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Dalam hal ini penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan. Pada proses fotosintesis tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H12O6 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan manusia. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

Begitu pentingnya peran tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di daerah perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.

 

 

Penghijauan berperan dan berfungsi

Sebagai paru-paru kota. Tanaman sebagai elemen hijau, pada pertumbuhannya menghasilkan zat asam (O2) yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan;

Sebagai pengatur lingkungan (mikro), vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat menjadi sejuk, nyaman dan segar;

Pencipta lingkungan hidup (ekologis);

Penyeimbangan alam (adaphis) merupakan pembentukan tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup di sekitarnya;

Perlindungan (protektif), terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (angin kencang, terik matahari, gas atau debu-debu);

Keindahan (estetika);

Kesehatan (hygiene); (Rekreasi dan pendidikan (edukatif);

Sosial politik ekonomi.

Pemilihan jenis tanaman untuk penghijauan agar tumbuh dengan baik hendaknya dipertimbangkan syarat-syarat hortikultura (ekologikal) dan syarat-syarat fisik. Syarat hortikultural yaitu respons dan toleransi terhadap temperatur, kebutuhan air, kebutuhan unsur hara dan toleransi terhadap cahaya matahari, kebutuhan tanah, hama dan penyakit, serta syarat-syarat fisik lainnya yaitu tujuan penghijauan, persyaratan budi daya, bentuk tajuk, warna, aroma.

 

 

Unsur hutan kota (urban forestry)

Fungsi dan manfaat hutan antara lain untuk memberikan hasil, pencagaran flora dan fauna, pengendalian air tanah dan erosi, ameliorasi iklim. Jika hutan tersebut berada di dalam kota fungsi dan manfaat hutan antara lain menciptakan iklim mikro, arsitektural, estetika, modifikasi suhu, peresapan air hujan, perlindungan angin dan udara, pengendalian polusi udara, pengelolaan limbah dan memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengurangi aliran permukaan, mengikat tanah. Konstruksi vegetasi dapat mengatur keseimbangan air dengan cara intersepsi, infiltrasi, evaporasi dan transpirasi.

Menelaah fungsi penghijauan perkotaan dan fungsi hutan dapat dikatakan bahwa penghijauan perkotaan merupakan unsur dari hutan kota. Sedangkan hutan kota adalah bagian dari ruang terbuka hijau kota. Hutan kota (urban forestry) menurut Grey dan Denehe (1978), meliputi semua vegetasi berkayu di dalam lingkungan pemukiman, mulai dari kampung yang kecil sampai kota besar. Fukuara dkk. (198 mengemukakan tentang hutan kota, yaitu ruang terbuka yang ditumbuhi vegetasi berkayu di wilayah perkotaan yang memberikan manfaat lingkungan sebesar-besarnya kepada penduduk kota dalam kegunaan proteksi, estetika serta rekreasi khusus lainnya.

Sedangkan menurut Grey dan Denehe (1978), hutan kota (urban forestry) meliputi semua vegetasi berkayu di dalam lingkungan pemukiman, mulai dari kampung yang kecil sampai kota besar. Mengingat pekarangan mengandung sifat perhutanan yang beraspirasi untuk kepentingan rakyat, maka pengembangan perhutanan yang bersifat pekarangan ini tampaknya lebih demokrasi yaitu sistem agroforestry yang dikelola rakyat. Pekarangan dapat menghasilkan kayu, bambu, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan obat-obatan.

Sebagai konsekuensi tumbuhan sebagai produsen pertama dalam ekosistem, dan mengingat fungsi hutan kota dan fungsi penghijauan perkotaan sangat bergantung kepada vegetasi yang digunakan maka tidak perlu lagi dipersoalkan luas lahan sebagai syarat hutan kota. Yang penting adalah jumlah dan keanekaragaman vegetasi yang ditaman di perkotaan sebanyak mungkin. Dengan demikian penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota perlu ditingkatkan secara konseptual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pula pemeliharaan harus dilakukan secara terus-menerus.

 

 

Teknik penanaman

Faktor-faktor utama yang perlu diperhatikan yaitu dalam teknik penanaman pohon adalah,

Pemilihan bibit tanaman. Bibit generatif adalah berasal dari biji, merupakan bibit yang lebih tepat karena mempunyai akar tunggang dan dapat hidup lebih lama. Bibit vegetatif, adalah bibit yang berasal dari bagian-bagian vegetatif tanaman, seperti batang, daun dan akar. Bibit vegetatif umumnya kurang kokoh dan perakarannya dangkal sehingga cepat merusak trotoar, jalan atau saluran drainase. Bibit yang baik sekurang-kurangnya telah tumbuh di wadahnya selama 6 bulan dengan batang tinggi minimal + 1.50 m dan diameter 0.05 m, untuk mengujinya cukup dengan mencabut bibit tersebut. Apabila bibit mudah lepas dari wadahnya berarti baru dipindahkan dan belum cukup baik ditanam di lapangan, sebaliknya jika sulit dilepaskan berarti perakarannya sudah terbentuk dengan baik dan dapat ditanam di lapangan

Penanaman. Usahakan sebelum melakukan penanaman tanah digemburkan terlebih dahulu. Ukuran lubang tanam sangat bergantung pada besarnya tanaman

Perawatan pascatanam. Mempertahankan posisi tumbuh agar tetap tegak dan stabil. Menyiram tanaman 2-3 hari sekali terutama di musim kemarau sambil membuang ranting-ranting yang kerimg. Bila perlu memupuk tanaman 3 bulan sekali dengan pupuk NPK.

 

 

Manfaat hutan yang lain adalah:

Sebagai suplyer Oksigen yang merupakan bahan baku utama untuk pernafasan manusia

Sebagai pencegah banjir

Sebagai penyejuk alam

Sebagai paru-paru dunia

masih banyak lagi manfaat hutan bagi manusia yang lain.

ImageImage

10 Cara untuk Go Green dan Penghijauan                                                                       Bagaimana kita bisa hidup ringan di Bumi dan menyimpan uang pada waktu yang sama?Anggota staf di Worldwatch Institute, sebuah organisasi lingkungan global, berbagi ide tentang bagaimana untuk GO GREEN dan SAVE GREEN di rumah dan di tempat kerja.Perubahan iklim adalah dalam berita. Sepertinya semua orang “akan melakukan  penghijauan.” Kami senang Anda ingin mengambil tindakan, juga. Untungnya, banyak langkah yang bisa kita ambil untuk menghentikan perubahan iklim dapat membuat hidup kita lebih baik. anak – anak kami dan  cucu – cucu kami akan berterima kasih untuk hidup lebih lestari Mari kita mulai sekarang.

Dengan Kampanye Jutaan Karbon mobil untuk membantu Anda menemukan cara untuk menghemat energi dan mengurangi jejak karbon Anda.Kampanye ini menyatukan sadar konsumen di seluruh dunia untuk mencegah emisi-setara dengan 1 juta mobil memasuki atmosfer setiap tahun.10 hal sederhana yang dapat anda lakukan hari ini untuk membantu mengurangi dampak lingkungan anda, menghemat uang, dan hidup bahagia sehat. Untuk saran lebih, pembelian Negara Dunia 2010 – Transformasi Budaya: Dari Konsumerisme untuk Keberlanjutan, cara reorientasi budaya menuju keberlanjutan

 1. Simpan energi untuk menghemat uang.  
Image

Mengatur termostat Anda beberapa derajat lebih rendah di musim dingin dan beberapa derajat lebih tinggi di musim panas untuk menghemat biaya pemanasan dan pendinginan.Instal bola lampu neon kompak (CFL) ketika lampu pijar tua Anda terbakar habis.Cabut peralatan saat Anda tidak menggunakan mereka. Atau, gunakan “cerdas” strip daya yang merasakan ketika peralatan sedang off dan pemotongan “siluman” atau “vampir” penggunaan energi.Cuci pakaian dalam air dingin bila memungkinkan. Sebanyak 85 persen dari energi yang digunakan untuk mesin-mencuci pakaian pergi ke pemanasan.Gunakan rak pengeringan atau jemuran untuk menyimpan energi dinyatakan digunakan selama mesin pengering.

2. Simpan air untuk menghemat uang

Image

Mandi dengan pancuran lebih pendek untuk mengurangi penggunaan air. Ini akan menurunkan air dan tagihan pemanas juga.Instal aliran rendah pancuran. Mereka tidak biaya banyak, dan penghematan air dan energi dengan cepat dapat membayar kembali investasi Anda.Pastikan Anda memiliki keran aerator keran masing-masing. Peralatan ini murah menghemat panas dan air, sambil menjaga tekanan air tinggi.Tanaman toleran kekeringan tanaman asli di kebun Anda. Banyak tanaman perlu disiram minimal. Cari tahu yang terjadi secara alami di daerah Anda.

3. Gas kurang (uang = lebih dan kesehatan yang lebih baik!)

Image

Berjalan atau bersepeda untuk bekerja. Hal ini menghemat gas dan biaya parkir sementara meningkatkan kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko obesitas.Pertimbangkan telecommuting jika Anda tinggal jauh dari pekerjaan Anda. Atau bergerak lebih dekat. Bahkan jika ini berarti membayar sewa lebih, bisa menghemat uang dalam jangka panjang.Lobby pemerintah setempat untuk meningkatkan pengeluaran di trotoar dan jalur sepeda. Dengan sedikit biaya, perbaikan ini dapat membayar dividen yang besar dalam memperbaiki kesehatan Anda dan mengurangi lalu lintas.

4. Makan cerdas.

Image

Jika Anda makan daging, tambahkan satu makanan tanpa daging seminggu. Daging biaya banyak di toko-dan bahkan lebih mahal jika Anda mempertimbangkan biaya lingkungan dan kesehatan yang terkait.Beli secara lokal mengangkat, manusiawi, dan daging organik, telur, dan susu kapan pun Anda bisa. Pembelian dari uang farmerskeeps lokal dalam ekonomi lokal.Menonton video tentang mengapa makanan lokal dan makanan laut berkelanjutan sangat besar.Apapun diet Anda, makan rendah pada rantai makanan. Hal ini terutama berlaku untuk makanan laut.

5. Melewatkan air kemasan.       
Image

Gunakan filter air untuk memurnikan air keran daripada membeli air kemasan. Tidak hanya air kemasan mahal, tapi menghasilkan sejumlah besar limbah wadah.Bawalah botol air dapat digunakan kembali, sebaiknya aluminium bukan plastik, dengan Anda saat bepergian atau di tempat kerja.Check out artikel pendek untuk terbaru tentang tren air kemasan.

6. Berpikirlah sebelum Anda membeli

Image

Pergi online untuk menemukan produk baru atau bekas dengan lembut digunakan.Apakah Anda baru saja pindah atau mencari untuk mendekorasi ulang, mempertimbangkan layanan seperti craigslist atau FreeSharing untuk melacak perabot, peralatan, dan item lainnya murah atau gratis.Periksa penjualan garasi, toko barang bekas, dan toko-toko konsinyasi untuk pakaian dan barang-barang sehari-hari lainnya.Ketika melakukan pembelian, pastikan Anda tahu apa yang “Stuff Baik” dan apa yang tidak.Menonton video tentang apa yang terjadi ketika Anda membeli sesuatu. Pembelian Anda memiliki dampak yang nyata, untuk lebih baik atau lebih buruk.

7. Pinjam daripada membeli.  
Image

Pinjam dari perpustakaan daripada membeli buku-buku pribadi dan film. Ini menghemat uang, belum lagi tinta dan kertas yang masuk ke dalam pencetakan buku-buku.Berbagi peralatan listrik dan peralatan lainnya. Kenalilah tetangga Anda saat memotong bawah pada jumlah hal yang berserakan lemari atau garasi Anda.

8. Beli cerdas.

Beli dalam massal. Membeli makanan dari tempat sampah massal dapat menghemat uang dan kemasan.Kenakan pakaian yang tidak perlu dry-clean. Ini menghemat uang dan luka bawah pada penggunaan bahan kimia beracun.Investasi di berkualitas tinggi, produk tahan lama. Anda mungkin membayar lebih sekarang, tapi Anda akan bahagia saat Anda tidak perlu mengganti item seperti yang sering (dan ini berarti lebih sedikit sampah!).

9. Jauhkan elektronik dari tempat sampah.
Jauhkan telepon seluler Anda, komputer, dan elektronik lainnya selama mungkin.Donasi atau daur ulang mereka bertanggung jawab bila waktunya tiba.E-limbah mengandung racun merkuri dan lainnya dan merupakan masalah lingkungan tumbuh.Mendaur ulang ponsel Anda.Tanyakan pemerintah setempat untuk mendirikan sebuah daur ulang elektronik dan acara pengumpulan sampah berbahaya.

10. Buatlah persediaan Anda sendiri pembersihan.

Rahasia besar: Anda dapat membuat sangat efektif, tidak beracun produk pembersih setiap kali Anda membutuhkannya. Yang Anda butuhkan adalah beberapa bahan sederhana seperti baking soda, cuka, lemon, dan sabun.Membuat produk Anda sendiri pembersih menghemat uang, waktu, dan kemasan-belum lagi kualitas udara dalam ruangan Anda.

Image